Posted in Ngaji Bareng Fetty

Rezeki Allah yang Ngatur

Assalamualaikum para pembaca Komorebi yang di rahmati Allah

Ayo jawab dulu salamnya!

Nah, kali ini aku bakalan sharing tentang rezeki. Rezeki itu seperti faktor penting untuk di bahas. Karena, kita hidup di dunia membutuhkan rezeki dari Allah. Rezeki sehat, rezeki lingkungan yang baik, keluarga yang sayang sama kita dan lain sebagainya. Tanpa karunia dariNya, tanpa rezeki dariNya kita pasti bakal sengsara. Tapi Allah maha adil. Allah tidak akan membiarkan makhluknya tanpa ada rezeki dariNya. Mau orang itu yang tidak beribadah kepadaNya, tidak taat, bahkan (mohon maaf) yang non muslim, Allah tetap memberikan rezeki kepadanya. Karena Allah mempunyai sifat yang Maha Rahman.

Kalau lafadz basmalah di artikan secara mendalam seperti yang pernah aku pelajari ketika mondok itu emang luaaaaas banget.

Kali ini kita bahas yang singkatnya saja.

Bismillaahi = Dengan menyebut asma Allah

Ar-rahmaani = yang mempunyai sifat welas (kbbi : belas, kasih) yang besar di dunia dan akhirat

Ar-rahiimi = yang mempunyai sifat welas yang kecil di akhirat saja.

Ini seperti menjawab dari pertanyaan “Mengapa orang yang tidak taat kepada Allah, tidak sholat, tidak puasa dan lain sebagainya tapi usahanya lancar saja, rezekinya banyak”.

Karena, Allah mempunyai sifat Ar-rahman yang artinya maha welas yang besar baik di dunia maupun akhirat. Jadi, Allah akan memberikan kasih sayangnya kepada makhluknya tanpa terkecuali. Hati-hati, yang usahanya lancar tanpa pernah beribadah kepada Allah bisa jadi itu adalah teguran Allah, azab Allah.

“Lalu kenapa juga ada yang hidupnya memprihatinkan seperti gelandangan?”

Pertama, agar ada orang dermawan yang memberi. Di buka peluang untuk saling berbagi. Kedua, ini juga sebagai cobaan untuk mereka agar meningkatkan keimanan mereka dan juga kerja keras mereka.

Allah kan Maha Tahu, Allah juga tidak akan pernah membebani seseorang di luar kemampuannya. Allah akan menguji keimanan seseorang dengan jalan dan cara yang berbeda.

Jalan yang harus di tempuh untuk mendapatkan rezeki dari Allah adalah berdoa. Doa adalah senjata seorang muslim. Seperti yang pernah di jelaskan di The Miracle of Doa dan juga Tidak ada doa yang sia-sia.

Ada doa yang selalu aku amalkan yaitu doa Nabi Musa terdapat dalam Qur’an surah Al-Maidah ayat 114.

اللهم ربنا انزل علينا مائدة من السماء تكون لناعيدا لااولنا وءاخرناواية منك ورزقنا انت خير الرزقين

Baca doa ini apalagi di waktu yang mustajab seperti antara adzan dan iqamah, selesai sholat maka insya Allah rezeki dari Allah itu selalu ada,mengalir terus dengan jumlah yang alhamdulillah cukup gitu.

Asal jangan ketika banyak makanan di hadapan kita, terus kita membaca doa ini. Rasanya kurang sopan gitu hidangan ada di hadapan kita tapi kita masih meminta. Seharusnya bersyukur itu lebih diutamakan.

Walaupun rezeki Allah yang ngatur, sebagai makhluknya kita juga diharuskan untuk bekerja keras, istilahnya menjemput rezeki. Karena tipe manusia itu berbeda-beda. Ada yang rezekinya harus di jemput terlebih dahulu ada juga yang mengalir berdatangan.

Seperti cerita tadi malam, di siang harinya aku rasanya pengen banget makan Bakso, eh ternyata adeku pulang kerja di malam hari dia membawa bakso. Alhamdulillah.

Yang terpenting jangan pernah putus asa terhadap rahmat Allah. Allah maha luas kekayaannya.

Wallahu a’lam

Semoga bermanfaat 🙏

Advertisements

Author:

Assalamu'alaikum. Aku Fetti Lestari. Suka menulis tapi belum pandai menulis dan bercita-cita menjadi penulis, sekaligus traveller yang mempunyai CEO Muslim Wedding Organizer dan bisa menjadi public speaker. Salam Komorebi, Salam Lestari.

2 thoughts on “Rezeki Allah yang Ngatur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s