Posted in Self Reminder

Wedjangan

Beliau adalah ibu yang kedua bagiku.

Sering di sapa Umi.

Dengan nama lengkap Umi Masbahah.

Saat semangat sedang turun dan menghafal terasa berat, nasehat dari beliaulah yang aku nanti. Nasehatnya bagaikan air yang menghilangkan dahaga. Aku suka kalau beliau memberi nasehat, karena semangatku semakin meningkat.

Beliau pernah menasehatiku seperti ini …

“Teruskan saja menambah hafalan di barengi murajaah. Karena jatah umur kita terus berjalan berkurang, dan semuanya masalah waktu. Pasti punya planning, setelah khatam nanti mau apa. Kalau berhenti menambah hafalan dan fokus untuk murajaah, waktunya sayang. Istiqamah saja menambah satu halaman. Kalau kita telaten murajaahnya, insya Allah bisa.

“Kalau mau menghafal Qur’an, jangan mau yang instan. Memang terjamin akan khatam, tapi tidak meyakinkan dengan hasilnya. Akan beda hasilnya. Ngafal terus aja berjalan seperti air, istiqamah, sabar dan telaten, pasti khatam. Saya aja dulu 1 halaman 1 halaman tapi akhirnya khatam juga walaupun dengan jangka waktu yang panjang yaitu 4,5 tahun. Setelah selesai SMA umur 18 tahun di Semarang sampai 23 tahun. Kalo terlalu di targetin, terlalu di jejalkan otak kita untuk ngafal nanti gak fresh malah stress. Kalo disini kan enak, bisa santai. Maksudnya bukan santai santai juga. Istirahat cukup, ngafal fresh otaknya. Fetty umurnya berapa? (19 tahun). Tuh, masih muda, masih panjang jalannya. Nanti pun kalo mau kuliah bisa. Iya, lebih baik selesaikan satu per satu. Kalo kuliah sambil ngafal nanti pasti ada aja yang terbengkalai dan biasanya Qur’an yang ditinggalkan.

“Lupa dalam menghafal itu ya biasa. Asal jangan sampai bosan untuk mengulang. Kuncinya harus sabar, ulet, jangan bosan untuk murajaah. Fokus ke ngafal, relax aja jangan di bawa stress”.

Advertisements

Author:

Assalamu'alaikum. Aku Fetti Lestari. Suka menulis tapi belum pandai menulis dan bercita-cita menjadi penulis, sekaligus traveller yang mempunyai CEO Muslim Wedding Organizer dan bisa menjadi public speaker. Salam Komorebi, Salam Lestari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s