Posted in Self Reminder

Senyumin Aja, itu Candamu

Smiiiiiile😁

Hidup tidak semulus kertas sidu, Ferguso. Senyumin aja, itu candamu.

Dengan ‘bodo amat’ hidup akan terasa enak. Bodo amat dengan sikap yang dia lakukan pada kita, bodo amat dengan perkataan dia pada kita, bodo amat cacian atau hinaan dia pada kita, pokoknya bodo amat. Jangan sedih, tak perlu kita hiraukan. Cukup fokus ke tujuan kita. Apa yang kita inginkan? Apa yang perlu kita lakukan? Memangnya tujuan kita ke dunia apa, sih? Beribadah, bukan. Ya sudahlah kita sibuk beribadah saja.

Harus seimbang dong, kak hablumminallah wa hablumminannas?

Iya, beribadah kan tidak harus langsung tertuju pada Allah. Berbuat baik kepada manusia, saling menolong dalam kebaikan dengan niat yang ikhlas itu pun merupakan amal ibadah. Jadi, fokus saja itu. Tidak perlu menunggu balas budi dari mereka, tak perlu menghiraukan komentar dia. Cukup, cukup Allah, cukup fokus mencari bekal akhirat.

Namanya juga manusia makhluk sosial, setiap hari berinteraksi dengan manusia. Perdebatan, perselisihan, kesalah pahaman pasti akan dan selalu ada. Aku termasuk orang yang gak enakkan. Mudah bersimpati sama yang lain tapi ingin dapat balasan dari mereka itu selalu saja terlintas dalam benak, padahal cukup Allah yang akan menjadi penolongku.

Coba, deh kalau hidup banyak syukurnya. Enak. Di gosipin temen, bersyukur, mereka masih mengingat kita. Dijahatin temen, bersyukur, mungkin Allah menegur kita karena kita juga bersikap seperti itu pada orang lain. Bersyukur. Harus penuh syukur. Insyaallah, hidup tentram, enak dan damai.

Ini nasihat untuk si penulis 😁

Advertisements