Posted in Self Challenge

Challenge #1 : Memetik Hikmah Dari Trans Jogja

Jika kamu adalah seseorang yang tinggal di Kota Jogja ini, kamu pastinya pernah merasakan betapa bingungnya naik Trans Jogja. 

Kendaraan ini menurutku sangat membantu, khususnya aku yang sedang berhemat. Tapi, tidak membantu jika kamu sedang terburu-buru. 

Akhir-akhir ini aku lebih memilih Trans Jogja dibandingkan dengan ojek online. Walaupun pemakaiannya aku mix antara Ojek online dan Trans Jogja. Selama menggunakan TJ ini, aku selalu berusaha memetik hikmahnya. Berikut adalah beberapa pelajaran yang aku dapatkan :

1. Tetap Harus Punya Tujuan

Di awal-awal menaiki Trans Jogja, aku ketakutan. Takut kalau aku ternyata salah menaiki jurusan, takut kalau ternyata aku kesasar. Padahal aku sudah punya tujuan. Dari sini kita bisa ambil pelajaran terutama yang aku rasakan “Apabila hidup sudah mempunyai tujuan tak usah khawatir dengan apakah kita salah jalan atau kenapa kita terasa sangat lama untuk menggapai tujuan itu. Kamu hanya perlu bersabar. Kamu hanya perlu mengikuti cara mainnya, menjalani semua yang telah kamu mulai dan menyelesaikannya, dengan berusaha dan berdo’a waktu yang tepat untuk menggapai tujuan itu akan kamu dapatkan”. 

2. Berbekal Pedoman Saja Tak Akan Cukup

Karena aku nyaman menggunakan TJ, aku memutuskan untuk men-download peta Trans Jogja. Lalu, apakah aku lancar jaya? Jawabannya tidak. Berbekal pedoman saja tidak cukup, aku perlu bertanya tentang tujuan itu kepada petugas TJ yang ada di Halte. Hikmah yang aku dapatkan “Jika kamu hanya bermodalkan Al-qur’an itu tidak cukup. Bukan berarti kamu tidak boleh mempelajari Al-qur’an. Kamu perlu berguru”. Pernahkah kamu membaca bait-bait indah Al-qur’an? Hati-hati jika kamu belum mengetahui ilmunya bisa saja kamu menyalah artikan isi Al-qur’an. Karena di dalam Al-qur’an terdapat bahasa yang dalam maknanya, kamu tidak boleh menyimpulkannya begitu saja. Kamu tetap harus bertanya pada guru, kepada ‘alim Ulama. 

3. Enjoy Your Life 

Terkadang, aku suka merasa deg-degan saat di perjalanan menggunakan TJ ini. Entah itu karena menunggu TJ yang belum datang, atau karena melebihi waktu deadline, karena takut kesasar dan kita tidak mengetahui jalan. Tapi, sekarang karena aku sudah mengambil pelajaran dari menaiki TJ ini aku lebih enjoy. “So, Enjoy your life”. Di dalam perjalanan ini juga, harus memanfaatkan waktu yang benar-benar luang. Kamu bisa menulis, membaca berita, baca novel, atau paling bagus baca qur’an melalui app di handphone mu. 

Saat seminar kemarin Motto dari pembicaranya adalah “Setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah, seriap peristiwa adalah pelajaran”. 

Wallahu a’lam bishowab 

Semoga bermanfaat☺ 

Advertisements

Author:

Assalamu'alaikum. Aku Fetti Lestari. Suka menulis tapi belum pandai menulis dan bercita-cita menjadi penulis, sekaligus traveller yang mempunyai CEO Muslim Wedding Organizer dan bisa menjadi public speaker. Salam Komorebi, Salam Lestari.

11 thoughts on “Challenge #1 : Memetik Hikmah Dari Trans Jogja

      1. Hahaha… 😁
        Pada waktu itu saya masih punya ajian “gerak siluman” dari pendekar mabuk ,”sepi anginnya arya kamandanu” dan “tatar bayu dari wiro sableng”.
        Jajjjajaja..
        Makanya perjalanan jauh pun bisa sy lipat waktunya..

        Sleman – yogya hanya kurang lebih 2jam setengah jalan kakinya.

        Bantul-yogya sekitar 45 menit.
        Saya masih ingat sekali saat itu, , hhhaha😂

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s